Archives

  • MANDALA WIDYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, November 2025
    Vol. 1 No. 2 (2025)

    Edisi Mandalawidya Vol. 1 No. 2 (November 2025) menghadirkan komposisi keilmuan yang kaya melalui kontribusi 12 penulis dari 9 institusi yang tersebar di 8 kota/kabupaten dan mewakili di Indonesia. Keragaman geografis dan institusional ini memperlihatkan kuatnya jejaring akademik lintas daerah yang terbangun dalam edisi ini, sekaligus mempertegas posisi Mandalawidya sebagai ruang dialog ilmiah yang inklusif dan berkembang. Tema besar yang terangkat dalam edisi ini berputar pada isu-isu strategis pendidikan kontemporer, mulai dari interkulturalitas multibahasa, kompetensi literasi digital guru, inovasi gamifikasi, pendidikan inklusif berbasis teknologi asistif, hingga asesmen STEM berbasis proyek. Kelima artikel ini menawarkan abstraksi komprehensif tentang bagaimana berbagai institusi pendidikan di Indonesia merespons perubahan kebijakan, perkembangan teknologi, dan kebutuhan peserta didik yang semakin kompleks.

  • MANDALA WIDYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Agustus 2025
    Vol. 1 No. 1

    Edisi Mandalawidya Vol. 1 No. 2 Agustus 2025 menghadirkan lima artikel yang ditulis oleh sembilan penulis dari delapan institusi pendidikan dan lembaga masyarakat, tersebar di enam wilayah di Indonesia. Tema besar edisi ini berpusat pada penguatan kualitas pembelajaran melalui perspektif psikologi pendidikan, strategi pedagogis, dan integrasi teknologi. Artikel pertama menelaah peran dukungan sosial dan lingkungan sekolah terhadap kesejahteraan psikologis siswa SMA di Lombok Barat. Artikel kedua membahas pembelajaran kolaboratif sebagai fondasi penguatan berpikir kritis dalam pendidikan IPA. Pendekatan self-regulated learning dan motivasi intrinsik dalam peningkatan prestasi akademik mahasiswa diuraikan dalam artikel ketiga. Artikel keempat mengangkat integrasi psikologi positif dalam berbagai konteks pendidikan, sedangkan artikel terakhir menyajikan tinjauan literatur tentang pemanfaatan Learning Management System (LMS) di sekolah menengah. Keseluruhan edisi ini menegaskan kontribusi ilmiah yang relevan, kontekstual, dan responsif terhadap kebutuhan pendidikan abad ke-21.