Model Pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan Berbasis Nilai Karakter: Studi Literatur

Authors

  • hamzah hamzah universitas bumigora
  • Novandi Firdaus Yusuf Universitas Bumigora

Keywords:

Pembelajaran PJOK, Model Pembelajaran, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara sistematis berbagai model pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) berbasis nilai karakter yang telah dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir serta mengevaluasi efektivitas dan relevansinya terhadap pembentukan karakter peserta didik. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tahapan mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menganalisis lima artikel ilmiah terpublikasi dari jurnal nasional terakreditasi sinta 1-6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima model pembelajaran yang dikaji dalam PJOK meliputi model Jigsaw dan Teams Games Tournament, permainan sirkuit, permainan tradisional Belengku, model pendidikan karakter terintegrasi, dan strategi PJOK AKTIF yang secara umum efektif dalam menanamkan nilai-nilai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, kerja sama, sportivitas, dan disiplin pada peserta didik. Setiap model dirancang untuk mengintegrasikan karakter melalui aktivitas fisik yang kontekstual, menyenangkan, serta melibatkan kerja tim dan budaya lokal. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran PJOK memiliki potensi besar sebagai media strategis dalam pembentukan karakter peserta didik jika dirancang secara sistematis, kreatif, dan berbasis nilai. Keberhasilan implementasi sangat ditentukan oleh kompetensi pedagogis guru, ketersediaan perangkat ajar, dan dukungan kurikulum yang relevan. Oleh karena itu, disarankan agar pengembangan model pembelajaran PJOK berbasis karakter terus dilakukan secara berkelanjutan dengan memperhatikan kearifan lokal, serta diiringi pelatihan guru untuk meningkatkan kemampuan integratif dalam merancang pembelajaran yang utuh secara fisik, afektif, dan moral

References

Andriansyah, R., Alwasi, M. N. D. I., Ramadhan, F. A., Zahra, E., & Riski, D. M. (2025). Strategi Dan Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Dalam Membentuk Karakter Anak Bangsa. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Ilmu, 2(2), 01–06. https://doi.org/10.69714/fbwfkm98

Angga, P. D., & Sari, A. J. (2025). Deep Learning: Bagaimana Implementasinya Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)? Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1373–1391. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i2.3227

Ardiansyah, A., Rejeki, H. S., & Dewi, A. I. (2022). Pembelajaran penjas berbasis permainan tradisional Belengku untuk membentuk karakter kerjasama, tanggung jawab dan kejujuran siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 4(2), 116. https://doi.org/10.26418/jilo.v4i2.52298

Aulia, N. syafa, Surbakti, S. N. br, Darmayani, Dongoran, M., Bahri, N., & Sembiring, Z. (2025). Hubungan antara Kesemaptaan Jasmani dan Kesehatan Mental. Indonesian Research Journal on Education, 5(3), 175–184. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/irje.v5i3.2651

Azhari, H. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Keshatan Dan Olahraga. In Seminar Nasional Keolahragaan, 1.

Dudley, D. A. (2025). Educating Character Through Quality Physical Education: A Pedagogical Model. Quest, 77(3), 449–466. https://doi.org/10.1080/00336297.2025.2473423

Dyson, B., Howley, D., & Shen, Y. (2020). ‘Being a team, working together, and being kind’: Primary students’ perspectives of cooperative learning’s contribution to their social and emotional learning. Physical Education and Sport Pedagogy, 26(2), 137–154. https://doi.org/10.1080/17408989.2020.1779683

Erwansyah, R., Vai, A., & Maesaroh, S. (2025). Penerapan Model TPSR pada Pembelajaran PJOK untuk Meningkatkan Rasa Tanggung Jawab Peserta Didik SMAN 15 Pekanbaru. PENJAGA : Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(2), 70–77. https://doi.org/10.55933/pjga.v5i2.858

Fitrianto, A. T. (2023). Relevansi Pendidikan Jasmani dengan Tujuan Pendidikan Islam dalam Membentuk Individu yang Seimbang Secara Fisik, Mental, dan Spiritual. AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(2), 148–166. https://doi.org/10.69900/ag.v3i2.194

Gholy, M. S., Sumardi, S., & Hadi, S. R. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran PJOK Melalui Program SIBBER Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Berkarakter Sportivitas. JOSSAE Journal of Sport Science and Education, 6(2), 134–145. https://doi.org/10.26740/jossae.v6n2.p134-145

Jadwiszczak, M., Wawrzyniak, S., & Pezdek, K. (2025). More than movement: a systematic review of moral and social development in adolescents physical education. BMC Public Health, 25(1), 1–16. https://doi.org/10.1186/s12889-025-23169-2

Kamaruddin, I., Abidin, D., Setiawan, A., Baruno, Y. H. E., Syafruddin, S., & Rifai, M. (2024). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi mata pelajaran PJOK di SMA. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 1549–1558. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.1113

Muhyi, M., Utomo, G. M., Yasa, I. G. D. U., Verianti, G., Hakim, L., Prastyana, B. R., & Hanafi, M. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran PJOK AKTIF ( Asyik, Karakter, Terukur, Inovatif dan Fit) di Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) pada Fase B Kurikulum Merdeka Di Tingkat Sekolah Dasar. Jendela Olahraga, 8(1), 212–221. https://doi.org/10.26877/jo.v8i1.14382

Pradana, A. A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–93. https://doi.org/https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.128

Sembiring, Z., Harahap, S., Addila, U., Delia, I., Ramadhani, A., & Husein, A. (2025). Kesamaptaan Jasmani: Analisis Komponen, Evaluasi, dan Dampak Holistik dalam Pendidikan dan Pelatihan Fisik. Indonesian Research Journal on Education, 5(3), 374–380. https://irje.org/irje/article/view/1976

Siregar, M., Febriyanti, E., & Lubis, M. T. H. (2025). Peningkatan Pemahaman Dan Pelaksanaan Pendidikan Jasmani Melalui Pendekatan Pembelajaran Aktif Di Smp Swasta Percut Sei Tuan. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 104–116. https://doi.org/10.47006/pendalas.v4i2.496

Susilawati, I., & Atmaja, N. M. K. (2023). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Permainan Sirkuit Untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Kelas Atas. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 10(1), 38–46. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v10i1.987

Wardana, A., Priambodo, A., & Pramono, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw dan Teams Games Tournament Terhadap Karakter Kepedulian Sosial dan Kejujuran dalam Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 5(1), 12. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n1.p12-24

Downloads

Published

2025-06-28

How to Cite

hamzah, hamzah, & Yusuf, N. F. (2025). Model Pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan Berbasis Nilai Karakter: Studi Literatur . Jurnal Sinergi Olahraga Dan Rekreasi, 1(1), 26–33. Retrieved from https://ejournal.globalcendekia.or.id/index.php/jsor/article/view/15